Header Ads

Pemerintah buka 120 ribu lowongan CPNS 2018, ini formasinya

Pemerintah buka 120 ribu lowongan CPNS 2018, ini formasinya

LENSAINDONESIA.COM: Pemerintah bakal kembali membuka penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (PNS) pada 2018 mendatang.

Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Asman Abnur mengatakan, pembukaaan ini dilakukan berdasarkan hitung-hitungan PNS yang pensiun.

“Insyallah kita buka pakai metode minus gross. Akan ada 120 ribu orang calon PNS termasuk formasi untuk pegawai daerah,” kata Menteri Asman di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (27/12/2017).

Arman menyampaikan, dalam empat tahun terakhir Indonesia sudah melaksanakan moratorium. Dalam rentan waktu tersebut ada sekitar 400 ribu PNS yang pensiun.

“Kalau tak dilakukan penerimaan PNS akan terjadi ketimpangan pejabat eselon II dan eselon III,” jelas dia.

Beberapa waktu lalu sebanyak 37 ribu PNS sudah diterima untuk formasi Pemerintah Pusat. Formasi tersebut diperebutkan sebanyak 1,2 juta peserta. Setelah dikalkulasi ulang, masih ada sekitar 220 ribu posisi pensiunan PNS yang kosong.

Karena itu, Asman meminta agar cepat agar Badan Kepegawaiam Daerah (BKD) benar-benar mengalkulasi beban kerja yang dibutuhkan.

“Tolong prioritaskan guru dan tenaga kesehatan. Tahun 2018 mohon kalau bisa awal Januari sudah menerima rencana usulan,” tuturnya.@LI-13

No comments

Powered by Blogger.